KompasTalk.com – Dengan terus meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 terutama di Kota Medan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi menggambarkan bahwasanya virus corona saat ini merasa kasihan melihat manusia.

Sebab kata dia, manusia tidak mau perduli dan paham bahkan tidak mau bekerjasama untuk memutus mata rantai penularannya.

“Manusia tidak paham, tidak perduli serta tidak mau bekerjasama. Sehingga tanpa disadari virus corona sudah kemana- mana,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Padahal kata Edwin, virus corona adalah makhluk yang sangat lemah. Karena hanya sekedar berbentuk mahkota yang tidak bertahan hidup lama. Selain itu, tambah Edwin, virus corona juga tidak memiliki kaki untuk bepergian dan tangan untuk menjangkau.

“Virus corona tidak punya rumah untuk tempat tinggal dan hanya bisa hidup lama serta berkembang biak di dalam rongga paru-paru manusia,” jelasnya.

Untuk itu, Edwin menyampaikan, bila kita bersih maka virus corona akan cepat mati. Sedangkan bila jaga jarak virus ini tidak bisa berpindah.

Selanjutnya bila mengenakan masker, virus tersebut tidak akan bisa masuk sampai ke rongga paru dan tidak akan bisa berkembang biak sampai mematikannya. Tapi bila berkerumun virus corona akan semakin cepat berpindah dan beredar.

“Maka patuhilah disiplin protokol kesehatan supaya aman, tetap sehat dan tidak menularkan kepada orang lain. Sayangi diri kita, keluarga dan semuanya,” pungkasnya. (Red)