KompasTalk.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) kembali menerima vaksin Covid-19 sebanyak  237.720 dosis. Rencananya vaksin ini akan diperuntukkan bagi para petugas publik seperti TNI/Polri, DPRD, ASN, pegawai bank, jurnalis hingga lanjut usia (lansia).

“Vaksin yang kita terima itu jumlahnya 23.772 vial, satu vial itu berisi 10 dosis, jadi total 237.720 dosis. Sasaran kita di tahap kedua ini seperti ASN, TNI, Polri yang banyak berinteraksi dengan masyarakat, pelaku pasar, anggota DPRD, begitu juga dengan pegawai bank, jurnalis serta para lanjut usia 60 tahun ke atas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Alwi Mujahit di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.

Menurut Alwi, proses vaksinasi untuk petugas publik dan lansia akan dilakukan pada awal Maret. “Vaksinasi tahap pertama itu yang untuk Nakes (tenaga kesehatan) progresnya sudah 80% dan sampai saat ini masih terus berlanjut. Dan yang kedua ini kita akan lakukan di awal Maret,” pungkas Alwi.
Sementara itu, Koordinator Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut/Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Irman Oemar meminta kepada masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi ini. Menurutnya, vaksinasi merupakan bentuk perlawanan terhadap Covid-19 setelah melawannya dengan protokol kesehatan.

“Kita terus melawan Covid-19 ini dengan protokol kesehatan dan sekarang kita akan melawannya dengan vaksin, jadi kami harap masyarakat memberikan dukungan agar wabah ini bisa hilang dari Sumut dan dunia. Kita tentu ingin kehidupan bisa kembali normal, anak-anak kembali bersekolah, perkantoran berjalan normal, usaha juga. Jadi, mari kita dukung program vaksinasi ini,” kata Irman.