KompasTalk.Com

Tim seleksi (timsel) penyelenggara pemilu mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Senin (18/10).

Masa pendaftaran akan berlangsung mulai 18 Oktober sampai 15 November 2021.

“Jadi 18 Oktober 2021, hari Senin yang akan datang, adalah hari pertama dimulainya masa pendaftaran bakal calon,” ujar Ketua Timsel Juri Ardiantoro dalam konferensi pers secara daring, Jumat (15/10).

Juri mengakui melihat kekhawatiran publik soal independensi adanya kepentingan politik dan kelompok tertentu. Ia menegaskan, timsel akan membuat pakta integritas untuk memberi jaminan kepada publik soal kekhawatiran mereka. Saat ini, timsel tengah menyusun pakta integritas sebagai pedoman mereka menjalankan proses seleksi anggota KPU dan Bawaslu.

“Kalau ditanya secara konkret, kami sedang proses finishing code of conduct di antara kita ini. Jadi kita akan menyusun pakta integritas, nanti akan kami sepakati, nanti akan menjadi pegangan di dalam bekerja,” ujar Juri.

Juri mengatakan, 11 anggota timsel bertekad menjaga diri dari kemungkinan penyalahgunaan tugas. Dia berharap, kinerja timsel dalam melaksanakan proses seleksi anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 sesuai harapan publik.

“Kami 11 orang ini sudah bertekad, ini pribadi-pribadi orang yang luar biasa yang pasti menjaga diri dari kemungkinan penyalahgunaan tugas ini,” kata dia.