KompastalkTim Uber Cup Indonesia belum berhasil mengalahkan Jepang pada laga terakhir Grup A Uber Cup 2020.

Tim Uber Cup Indonesia kalah telak, 0-5 dari Jepang pada pertandingan yang berlangsung di Ceres Arena, Selasa (12/10/2021).

Hasil ini memastikan Indonesia menjadi runner-up Grup A dan melaju ke perempat final setelah Jepang yang berada di puncak pada penyisihan Grup A Uber Cup 2020.

Undian babak 8 besar akan dilakukan panitia pada Rabu (13/10/2021) malam waktu setempat setelah seluruh pertandingan babak penyisihan grup selesai digelar.

Pada laga Grup A lainnya, Prancis menekuk Jerman, 2-3 sehingga menempati peringkat ketiga di klasemen Grup A.

Sementara itu sebelumnya, Indonesia meraup kemenangan 4-1 masing-masing atas Jerman dan Prancis.

Saat melawan Jepang, Indonesia gagal mendulang poin saat Gregoria Mariska Tunjung kalah dari Akane Yamaguchi dua gim langsung.

Kekalahan ini membuat Gregoria tertinggal 1-7 dalam rekor pertemuan dengan Yamaguchi.

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang sempat memberikan perlawanan ketat dengan Mayu Matsumoto/Nami Matsuya juga kalah dua gim langsung.

“Kami kalah karena tadi di poin-poin kritis, terutama di gim kedua, kami malah kurang nekad, kurang berani, dan tertekan,” kata Fadia dilansir BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

Pada gim kedua, Ribka/Fadia sempat memimpin 19-18. Namun, di poin-poin krusial ini mereka kurang berani. Pasangan rangking 34 dunia itu malah ragu-ragu. Kendali permainan malah dikendalikan lawan yang lebih kaya pengalaman.

Tiga poin terakhir bisa didapat Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama karena pasangan asal Negeri Sakura itu lebih berani. Ribka/Fadia pun kalah setelah berjuang optimal.

“Tadi di gim pertama, kami kurang langsung in dengan pertandingan. Permainan kami belum keluar. Sementara pada gim kedua, sudah memimpin, tetaapi di poin-poin kritis malah kalah,” ujar Ribka.

“Ini pelajaran penting agar di pertandingan berikutnya, kami harus bisa langsung main dengan pola yang kami inginkan,” ucap Ribka.

Menurut pelatih kepala ganda putri Indonesia, Eng Hian Ribka/Fadia memang diharapkan terus berkembang. Kekalahan atau kemenangan akan menambah pengalaman dan jam terbangnya untuk bersaing di tataran papan atas ganda putri dunia.

“Mereka harus terus diberi pengalaman bertanding, termasuk pda ajang Piala Uber ini,” tutur Eng Hian.

Tunggal putri, Putri Kusuma Wardani juga sempat unggul pada awal gim pertama atas Sayaka Takahashi.

Namun, Takahashi yang lebih berpengalaman mampu membalikkan keadaan dan memastikan kemenangan Jepang atas Indonesia.

Berikut hasil lengkap pertandingan penyisihan Grup A Uber Cup 2020 melawan Jepang.

WS1: Akane Yamaguchi vs Gregoria Mariska Tunjung, 21-7, 21-16

WD1: Mayu Matsumoto/Nami Matsuyama vs Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, 21-14-21-19

WS2: Sayaka Takahashi vs Putri Kusuma Wardani, 21-14, 21-19

WD2: Yuki Fukushima/Arisa Higashino vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, 21-9, 21-10


WS3: Aya Ohori vs Ester Nurumi Tri Wardoyo, 21-14, 21-7. (Fan)