KompasTalk.com – Begadang adalah berjaga dan tidak tidur sampai larut malam, dan hal ini biasanya dilakukan oleh mereka para pekerja yang menggunakan shift atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir kuliah.

Pada umumnya, tubuh manusia sudah diatur dengan jam biologis saat malam hari membutuhkan waktu istirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas.

Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis Anda. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.

Di sini ada empat tips agar tetap sehat dan bugar saat begadang yang perlu diperhatikan, diantaranya

Jangan Lupa Makan

Saat begadang tubuh sangat memerlukan asupan makanan agar perut tidak kosong dan berakibat akan masuk angin yang bisa membuat Anda bisa terkena penyakit

Pilihlah Makanan yang Tepat

Saat begadang utamakan Anda memakan nasi dan sayuran agar tubuh tetap terjaga kondisi kesehatan dan perhatikan asupan gizinya

Hindari Minuman yang Berkafein Secara Berlebih

Banyak yang bilang agar tidak mengantuk silahkan mengkonsumsi kopi. Terkadang hal itu memang betul. Namun perlu diperhatikan bahwa kalau tubuh kebanyakan asupan kafein malah sangat berbahaya. Minum kopi silahkan, tapi jangan terlalu banyak.

Perbanyak Minum Air Putih

Apapun ceritanya, saat begadang sangat diutamakan agar Anda tetap mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak kekeringan. Apalagi di saat tubuh yang seharusnya beristirahat. Air putih sangat dianjurkan agar menjaga kondisi tubuh tetap fit walaupun Anda sedang terjaga saat malam hari.

Sebaiknya, agar Anda mengurangi begadang jika tidak benar-benar diperlukan. Misalnya sistem kerja shift malam. Sebaiknya Anda menjaga kualitas tidur Anda agar ketika terbangun tubuh menjadi lebih segar. Semoga tips ini bisa membuat Anda tetap fit meskipun begadang. (red)