kompastalk.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumut masih terus melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus korupsi dana CSR yang dilakukan oleh RM istri Bupati Dairi.

“Masih penyelidikan. Sekarang kita masih melakukan penghitungan kerugian negara terkait dugaan kasus tersebut,” kata Dirkrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, Kamis (15/10/2020).

Ketua Tim Penggerak PKK ini diperiksa penyidik atas kasus dugaan penyalahgunaan dana coorporate social responsibility (CSR) dari PT Inalum yang diberikan kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) daerah setempat pada 2019 senilai Rp 600 juta.

“Kasusnya masih penyelidikan. Dan sekarang kita tengah kordinasi dengan ahli untuk pastikan apakah ada unsur kerugian negara,” ujarnya.

Ia mengatakan yang bersangkutan diduga melakukan penyalahgunaan CSR dari PT Inalum untuk Dekranasda. Kasus ini, kata pria dengan melati tiga dipundaknya masih dalam tahap penyelidikan.

Awalnya, kata Rony, kasus ini ditangani oleh Polres Dairi dan sekarang sudah dilimpahkan ke Polda Sumut.

Mengenai sudah berapa saksi yang dilakukan pemeriksaan, Rony menyatakan belum bisa membeberkan. “Kita masih fokus untuk menghitung kerugian negara terlebih dahulu. Nanti kalau ada perkembangan, kita kabari,” pungkasnya. (Red)