KompasTalk.com-Perusahaan tambang di Indonesia merupakan salah satu sektor penting karena menunjang berbagai faktor dalam kehidupan negara. Sektor ini memproduksi sumber daya alam maupun kandungan mineral seperti pengelolaan bahan bakar, mineral logam, dan bebatuan.

Aktivitas perusahaan tambang meliputi penyelidikan, penelitian, pengelolaan, eksplorasi, studi, pemurnian, pengangkutan dan penjualan. Semua aktivitas mengelola sumber daya alam dilakukan oleh industri pertambangan.

Sejatinya ada ratusan perusahaan tambang di Indonesia yang menyumbang kontribusi untuk pembangunan bangsa. Inilah deretan perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.

1. PT Kaltim Prima Coal

PT Kaltim Prima Coal adalah salas sau perusahaan tambang batu bara tertua dan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1982 di Kalimantan dengan total area tambang seluas 84.938 hektar.

Tahun 2018 lalu, produksi batu bara PT Kaltim Prima Coal mencapai 58 juta ton batu bara. Sementara tahun 2019 meningkat menjadi 62 ton.

2. Adaro Indonesia

Adaro Indonesia adalah salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak 1966 silam dan mendpat konsesi dari pemerintah di wilayah Kalimantan Selatan.

Sepanjang tahun 2019, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) memproduksi batu bara mencapai 58,03 juta ton. Sementara itu pendapatan perseroan pada tahun 2019 sebesar US$ 3,46 miliar. Jumlah ini turun 4,42% dari pendapatan tahun 2018 yang tercatat US$ 3,62 miliar.

3. PT Berau Coal

PT Berau Coal termasuk juga yang terbesar di Indonesia. Berdiri tahun 1983, perusahaan ini berpusat di Berau, Kalimantan Timur yang bergerak di sektor pertambangan dan perdagangan batu bara. Berau Coal mencatatkan produksi sebesar 26 juta metrik ton pada tahun 2016.

4. Kideco Jaya Agung

Kideco Jaya Agung juga tergolong perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah memiliki konsesi tambang batubara seluas 47.500 hektar (Ha) yang terletak di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Kideco Jaya Agung mulai beroperasi sejak 1982 dan memproyeksikan produksi batubara sebesar 30 juta ton pada 2021.

5. PT Indo Tambangraya Megah Tbk

ITMG merupakan salah satu raksasa batu bara di Indonesia dengan nilai kapitalisasi pasar dari mencapai Rp11 triliunan pada Maret 2020.

6. PT Bukit Asam Tbk

PT Bukit Asam Tbk adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara. Nilai kapitalisasi pasar PTBA juga cukup besar yaitu Rp28 triliun pada Maret 2020. Perusahaan ini berhasil membukukan laba Rp4 triliun, walau pada tahun 2019 batu bara lesu.

7. PT Arutmin Indonesia

PT Arutmin Indonesia termasuk perusahaan batu bara terbesar di Indonesia untuk pembangkit listrik dan pabrik-pabrik industri. Perusahaan ini didirikan tahun 1981 yang telah menjadi penghasil dan pengekspor batu bara terbesar di Indonesia.

Itulah deretan perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.